Renungan Kristen Spirit


Aneka Tips

Mengambil Keputusan

Bacaan: II Samuel 5:17-25

Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi TUHANlah yang menentukan arah langkahnya. - Amsal 16:9


Setiap hari kita dihadapkan dengan keadaan yang menuntut kita untuk mengambil keputusan. Pengambilan keputusan tidak bisa dilakukan dengan asal saja sebab keputusan kita saat ini akan mempengaruhi hidup kita di waktu yang akan datang. We can not change our past, but we can change our future with what we decide today. Itu sebabnya kita perlu mengambil keputusan bijak yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Jika saat ini Anda berada di persimpangan jalan, hal-hal berikut bisa Anda pertimbangkan bagaimana mengambil keputusan yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Satu, libatkan Tuhan di dalam setiap keputusan kita. Mengapa? Meski kita bisa menentukan, tapi Tuhanlah penentu dari setiap keputusan (Amsal 16:9). Jika kita terlalu mengandalkan pemikiran kita sendiri dan tidak melibatkan Tuhan di dalamnya, kemungkinan besar keputusan yang kita buat akan keliru. Bagaimana kita tahu kehendak Tuhan dalam keputusan yang hendak kita ambil? Milikilah kepekaan dengan suara Tuhan. Hal ini hanya kita dapat jika kita memiliki persekutuan yang intim dengan-Nya setiap hari.

Dua, jangan takut untuk mengambil keputusan. Beberapa orang takut mengambil keputusan, akibatnya bukan kita yang mengambil keputusan tapi keadaanlah yang memberikan keputusan bagi kita. Ini kesalahan yang sangat fatal. Jika kita sudah memohon petunjuk Tuhan, buatlah keputusan dan yakinilah bahwa itu keputusan yang terbaik.

Ketiga, milikilah hikmat dalam mengambil keputusan. Jangan ambil keputusan secara emosional, tapi gunakanlah pertimbangan yang masak. Dengan pertimbangan yang matang kita mampu berpikir secara rasional dan menghitung plus minus dari setiap keputusan yang hendak kita ambil. Milikilah hikmat Tuhan dan kita pun jadi lebih bijak dalam mengambil keputusan dan melangkah. Dengan demikian keputusan yang kita ambil adalah benar-benar sesuai dengan kehendak Tuhan bagi hidup kita. Jangan takut buat keputusan selama kita menggunakan hikmat Tuhan dan melibatkan Tuhan.

We can not change our past, but we can change our future with what we decide today.



(Andreas)

» Tips ini diambil dari Renungan Harian Spirit Motivator
» Anda dapat memesan versi cetaknya dengan cara mengisi formulir pemesanan.

Baca Juga Aneka Tips di bawah ini:

Pindah Kerja 2

Keempat, lingkungan kerja yang penuh tekanan. Tidak semua perusahaan memiliki lingkungan kerja yang nyaman. Ada kalanya kita harus menghadapi lingkungan kerja yang penuh dengan tekanan. Kita harus berhadapan dengan orang-orang yang menjengkelkan, atasan yang memberikan tekanan kelewat batas, dan persaingan yang tidak sehat. ...


Pindah Kerja

Setelah sekian lama bekerja di sebuah perusahaan, terbersit pikiran untuk pindah kerja. Tentu saja hal tersebut boleh-boleh saja, selama kita sudah mempertimbangkan sebelumnya dengan matang. Jangan sampai kepindahan kita justru membuat kemunduran-kemunduran dalam hidup kita. Kapan kita seharusnya memutuskan untuk pindah kerja? Alasan-alasan ...