Renungan Kristen Spirit


Ilustrasi Rohani

Reputasi

Bacaan: II Tawarikh 9:1-8

Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.- Amsal 22:1


Setiap orang memiliki track record atau yang lebih dikenal dengan reputasi. Reputasi merupakan pendapat umum atau pendapat orang lain tentang karakter atau kualitas kita. Ada yang memiliki reputasi baik, namun ada juga yang memiliki reputasi buruk. Semuanya kembali kepada diri kita sendiri. Kita harus menyadari bahwa kita tidak bisa mengontrol pendapat orang lain tentang kita tetapi kita bisa mengontrol apa yang kita lakukan, yaitu segala sesuatu yang akan menjadi bahan kesimpulan pendapat orang lain tentang kita.

Kita perlu menjaga agar reputasi kita tetap baik. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak perusahaan akan menerima seorang karyawan setelah lebih dulu mendapat referensi dari orang lain tentang reputasi baik karyawan tersebut. Tak hanya individu yang perlu memiliki reputasi baik, sebuah perusahaan pun perlu memilikinya. Jika sebuah perusahaan sudah memiliki reputasi baik, maka perusahaan tersebut akan dipercaya sehingga kerja sama dengan relasi menjadi lebih mudah dijalin.

Nama atau reputasi yang baik memang susah didapatkan. Pada saat yang sama, nama atau reputasi yang terlanjut buruk juga susah untuk dihilangkan. Semuanya memerlukan proses yang panjang. Untuk mendapat dan mempertahankan reputasi baik, ada proses panjang yang harus kita lewati. Kita harus bisa menunjukkan integritas, tanggung jawab, kejujuran, ketulusan, dan bisa dipercaya. Jika mendapatkan reputasi yang baik sudah sedemikian sulit, terlebih lagi untuk memulihkan sebuah reputasi yang terlanjur buruk. Itu lebih sulit lagi!

Salomo berkata bahwa nama atau reputasi adalah mahal, bahkan lebih berharga daripada kekayaan manapun. Dengan reputasi yang baik, jalan menuju kesuksesan lebih mudah dibandingkan dengan reputasi buruk yang terlanjur melekat. Oleh karena itu, baiklah kita hati-hati dengan hidup kita ini. Dalam melakukan segala sesuatu, jangan hanya berpikir untuk kepentingan jangka pendek saja. Berpikirlah untuk jangka panjang, selaraskan apa yang kita lakukan saat ini dengan reputasi baik kita.

Reputasi yang baik susah didapatkan, reputasi yang buruk susah dihilangkan.



(Kwik)

» Ilustrasi Rohani ini diambil dari Renungan Harian Spirit
» Anda dapat memesan versi cetaknya dengan cara mengisi formulir pemesanan.

Baca Juga Ilustrasi Rohani di bawah ini:

Kirimkan Kapal

“Lemparkanlah rotimu ke air, maka engkau akan mendapatnya kembali lama setelah itu.” Ini adalah salah satu kunci sukses yang dimiliki oleh Salomo. Beberapa orang menafsirkan ayat ini sebagai tindakan Salomo dalam memberi uang kepada orang-orang miskin. Namun ada kemungkinan juga bahwa Salomo sedang berbicara ...


Kacamata Anda

Baik atau buruk itu tergantung dari cara kita memandang. Masalah bisa menjadi buruk tapi bisa juga menjadi baik, itu juga tergantung dari cara kita memandang. Lihatlah hal yang baik dengan cara pandang yang buruk, maka hal itu akan terlihat sedemikian negatif. Sebaliknya, lihatlah hal ...

SPIRIT JUNIOR NOVEMBER 2014
"Kecil-kecil jadi Pemimpin"
Bonus :
Para Pahlawan Kecil


SPIRIT AKTIVITAS NOVEMBER 2014
"Suka Menolong"
Bonus :
Ular Tangga


RENUNGAN SPIRIT NOVEMBER 2014
"Seribu Teman Terlalu Sedikit
Satu Musuh Terlalu Banyak"

Bonus HandBook:
Good Friend, Good Life


SPIRIT MOTIVATOR NOVEMBER 2014
"Work, Work, Work!"
Bonus SmartBook:
Get Productive


SPIRIT GIRLS NOVEMBER 2014
"Disiplin = This is Plain"
Bonus Cutie Diary:
Secrets to Self-Control


SPIRIT WOMAN NOVEMBER 2014
"Kejujuran Hati"
Bonus:
Keterbukaan yang Memerdekakan


SPIRIT NEXT NOVEMBER 2014
"Rich Friend
Poor Friend"

Bonus:
Different Class


SPIRIT PENUAI NOVEMBER 2014
"Kemuliaan Hanya Bagi Dia"
Bonus:
Meninggikan Nama-Nya


Buku FAITH BREAKTHROUGH
30 Hari yang Sangat Menentukan
Hidup Anda!

oleh: Petrus Kwik


Buku CAREER BREAKTHROUGH
Mengalami Terobosan
Karir Luar Biasa Dalam 30 Hari

oleh: Petrus Kwik


Buku FINANCIAL BREAKTHROUGH
30 Hari yang
Sangat Menentukan
Keuangan Anda!

oleh: Petrus Kwik