Renungan Kristen Spirit


Renungan Muda Remaja

Pacaran

Bacaan: 2 Korintus 6:14-18

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya... - 2 Korintus 6:14


Pacaran Alkitabiah nggak seh? Seringkali pertanyaan semacam ini muncul di kalangan anak muda. Usut punya usut, ternyata yang namanya pacaran tuh nggak ada dalam Alkitab. Bentuk hubungan pacaran seperti yang kita kenal sekarang ini pun nggak pernah ada dalam jaman Alkitab dulu. Alkitab hanya menyebutkan hubungan pranikah yang ada di kalangan muda waktu itu adalah bentuk hubungan pertunangan.

Jaman emang udah berubah. Kita boleh aja mengikuti perkembangan jaman, tapi prinsip-prinsip kebenaran tetap wajib kita pegang. Prinsip pertama, hubungan pacaran/pranikah harus dengan tujuan menuju ke pernikahan. Kalo kita jalan ama cowok sekedar supaya ada gandengan saat malam minggu ‘n ada yang antar jemput tiap saat, kita udah salah dalam prinsip pertama ini. Jadi nggak ada istilahnya TTM or HTS dalam hubungan pacaran anak-anak Tuhan. Kita harus jadi orang yang punya tujuan pasti. Nggak sekedar “ngalir” n jalani hidup sesukanya.

Prinsip kedua, hubungan pacaran harus dengan orang yang seimbang. Cinta nggak kenal perbedaan, begitu kira-kira kata orang. Tapi soal kehidupan rohani nggak bisa begitu. Terang nggak akan pernah bisa bersatu dengan kegelapan. Pernikahan nantinya nggak cuma sekedar hidup enak ‘n menghasilkan anak. Kalo kita memilih untuk menikah dengan orang yang belum lahir baru, berarti kita memilih untuk mengatur rumah tangga kita sendiri tanpa pertolongan Tuhan. Padahal mana mampu kita mengatasi semuanya sendiri. Tanpa Tuhan kita nggak akan bisa saling mengasihi dengan tulus. Pernikahan akan terancam perceraian bahkan perselingkuhan. Nggak ada perdamaian dan ikatan yang mempersatukan.

Prinsip ketiga, pacaran harus bisa jaga kekudusan. Biarpun jaman udah berubah, tapi untuk urusan kekudusan nggak bisa ditawar-tawar lagi. Belajar jadi seperti keluarga Nuh yang berani tampil beda di tengah-tengah angkatan yang udah rusak hidupnya. Nah, 3 prinsip udah kita pelajari hari ini. Kalo kamu sedang dalam masa pacaran, lakukan 3 prinsip ini supaya hubunganmu diberkati Tuhan.



(TMS)

» Renungan Khusus Muda Remaja ini diambil dari Renungan Harian Spirit Girls
» Anda dapat memesan versi cetaknya dengan cara mengisi formulir pemesanan.

Baca Juga Renungan Muda Remaja di bawah ini:

Kasih Sejati

Apakah dia cocok buatku? Pertanyaan itulah yang sering kita lontarkan kalo mempertimbangkan soal jodoh. Kita menimbang kualitas calon pacar supaya kita enggak kecewa di kelak kemudian hari. Tapi pernahkah kita berpikir,ĒApakah aku cocok buat dia?Ē Apakah kita mempertimbangkan kualifikasi kita sendiri agar memenuhi kebutuhan pasangan kita? Ternyata pertanyaan seperti itu ...


Aborsi

Dina merasa bingung. Beberapa bulan lagi perutnya akan jadi sangat gendut, dan kehamilannya tidak mungkin disembunyikan lebih lama lagi. Padahal Dina masih SMU, tahun ini seharusnya dia akan segera lulus. Tapi gimana sekarang? Kalo sampai pihak sekolah tau, bukan tidak mungkin dia bakalan di DO. Lalu siapa yang akan bertanggung ...

SPIRIT JUNIOR SEPTEMBER 2014
"Aku Diberkati"
Bonus :
Buku Asah Otakt


SPIRIT AKTIVITAS SEPTEMBER 2014
"Jangan Jajan Sembarangan"
Bonus :
Kwartet Seri 3


RENUNGAN SPIRIT SEPTEMBER 2014
"Bahaya Kesombongan"
Bonus HandBook:
Makin Rendah, Makin TInggia


SPIRIT MOTIVATOR SEPTEMBER 2014
"Give Respect Get Respect"
Bonus SmartBook:
Membangun Budaya Saling Menghormati

SPIRIT GIRLS SEPTEMBER 2014
"What Genre is Your Life?"
Bonus:
Cutie Diary


SPIRIT WOMAN SEPTEMBER 2014
"Satu Janji, Satu Hati"
Bonus:
Setia Menjaga Kesetiaan


SPIRIT NEXT SEPTEMBER 2014
"y Bro, My Sis, My Enemies"


SPIRIT PENUAI SEPTEMBER 2014
"More for The Less"
Bonus: Mengistimewakan yang Biasa
Buku FAITH BREAKTHROUGH
30 Hari yang Sangat Menentukan
Hidup Anda!

oleh: Petrus Kwik


Buku CAREER BREAKTHROUGH
Mengalami Terobosan
Karir Luar Biasa Dalam 30 Hari

oleh: Petrus Kwik


Buku FINANCIAL BREAKTHROUGH
30 Hari yang
Sangat Menentukan
Keuangan Anda!

oleh: Petrus Kwik