Renungan Kristen Spirit


Renungan Harian Kristen - 02 September 2014

Menghancurkan Diri Sendiri

Bacaan: Amsal 6:20-35

Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri.- Amsal 6:32


Ini memang pertandingan tinju yang tidak lazim. Meski demikian hal ini nyata terjadi pada tahun 30-an. Dalam pertandingan ini, C.D. Blalock dirobohkan dalam suatu kejadian yang belum pernah terdengar sebelumnya. Ia mengayunkan tinju kepada lawannya, tetapi malah memukul dirinya sendiri. Pukulannya tidak mengenai sasaran yang ditujunya dan justru beradu dengan wajahnya sendiri. *

Meski kita geli dan mentertawakan petinju tak lazim ini, kadangkala kita juga melakukan hal serupa. Bukankah tak jarang kita merusak diri kita sendiri? Bukankah seringkali kita melakukan banyak hal yang ujung-ujungnya adalah menghancurkan diri kita sendiri? Tak hanya Anda seorang, bahkan tokoh-tokoh Alkitab populer pun terkadang sama menggelikannya dengan petinju C.D. Blalock.

Manusia pertama menghancurkan dirinya dengan keinginan menjadi seperti Allah. Kain menghancurkan dirinya dengan membiarkan amarah yang tak terkendali. Lot merusak dan mempermalukan dirinya dengan mabuk anggur. Saul menghancurkan dirinya dengan iri hati, hatinya sebal melihat Daud dipuji banyak orang. Daud, seorang penyembah, pernah merusak dirinya dengan menjalin skandal bersama Batsyeba. Tidak hanya dirinya yang menanggung akibatnya, keturunannya pun ikut terkena imbasnya. Salomo, raja paling jenius, menghancurkan dirinya dan kerajaannya dengan berpaut kepada isteri-isteri kafirnya, lebih daripada Tuhan. Yudas menghancurkan dirinya karena uang.

Bagaimana dengan kita? Apakah selama ini kita juga melakukan hal-hal yang ujung-ujungnya merusak diri kita sendiri? Berapa kali kita merusak diri kita sendiri saat kehilangan kesabaran? Berapa kali kita menghancurkan diri sendiri dengan amarah yang meluap dan tak terkendali? Berapa kali kita merusak hati kita dengan kebencian, iri hati, permusuhan dan dendam yang tak terselesaikan? Berapa kali kita merusak tubuh kita yang adalah bait Allah dengan pola makan kita yang sembrono dan gaya hidup yang tidak sehat? Berapa sering kita mengejar uang begitu rupa sampai tak sadar kalau keluarga kita hancur? Bukankah semuanya itu adalah tindakan-tindakan yang merusak sekaligus menghancurkan diri kita sendiri? Lewat renungan pada hari ini, biarlah kita menjadi lebih bijak dan lebih hati-hati dalam mengatur hidup kita.



(Kwik * Zig Ziglar, Breaking to The Next Level)

» Renungan ini diambil dari Renungan Harian Spirit
» Anda dapat memesan versi cetak dari renungan di atas dengan cara mengisi formulir pemesanan.
SPIRIT JUNIOR OKTOBER 2014
"Pantang Menyerah"
Bonus :
Buku Asal Usul


SPIRIT AKTIVITAS OKTOBER 2014
"Berhenti Mengejek"
Bonus :
Kwartet Seri 4


RENUNGAN SPIRIT OKTOBER 2014
"Happy Age"
Bonus HandBook:
Bersahabat dengan Usia


SPIRIT MOTIVATOR OKTOBER 2014
"Good Advice, Bad Advice"
Bonus SmartBook:
Nasihat Melesatkan & Nasihat Menyesatkan

SPIRIT GIRLS OKTOBER 2014
"Why(not)?"
Bonus Cutie Diary:
Tantangan Bukan Rintangan


SPIRIT WOMAN OKTOBER 2014
"Menghukum Dengan Kasih"
Bonus:
Mendidik Tegas Tanpa Keras


SPIRIT NEXT OKTOBER 2014
"Holy not Trendy"
Bonus:
Me & My Idol


SPIRIT PENUAI OKTOBER 2014
"Saling Mencukupkan"
Bonus:
Menjadi Penyeimbang


Buku FAITH BREAKTHROUGH
30 Hari yang Sangat Menentukan
Hidup Anda!

oleh: Petrus Kwik


Buku CAREER BREAKTHROUGH
Mengalami Terobosan
Karir Luar Biasa Dalam 30 Hari

oleh: Petrus Kwik


Buku FINANCIAL BREAKTHROUGH
30 Hari yang
Sangat Menentukan
Keuangan Anda!

oleh: Petrus Kwik